Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Cara Mencari Satelit TELKOM 3S Lengkap

Panduan Cara Mencari Satelit TELKOM 3S Lengkap - Matinya satelit telkom 1 pada Bulan agustus lalu, mengakibatkan gangguan pada transponder beberapa stasiun TV yang berada di satelit telkom1,yaitu; TRANS TV, TRANS7,ANTV, dan beberapa lainya. 

Tentu hal tersebut membuat masyarakat luas yang menggunakan antena parabola resah, tidak bisa menonton trans media cs. 

Padahal acara tv paling dinanti berada di satelit telkom 1. Misalnya moto gp..

Setelah beberapa hari Kemudian, trans mengalihkan transpondernya ke satelit palapa. Masyarakat pun lega, karena hanca scan ulang pada satelit palapa saja sudah dapat menanangkap sinyal trans TV cs.

Tenyata pengalihan transponder trans TV di satelit Palapa hanya sementara. 

Diawali TRANS TV menghilang lagi di satelit palapa. Kemudian transponder dialihkan lagi ke satelit TELKOM 3S. 

Satelit TELKOM 3S diluncurkan pada Bulan april yang lalu. Namun posisi garis lintang tidak sama dengan satelit telkom. 1.

Oleh sebab itu ,maka untuk dapat menerima sinyal satelit TELKOM3S harus menggeser antena parabola.

Agar mendapatkan sinyal , Jika hanya diprogram di receiver saja tidak akan bisa.
Untuk itu, disini saya akan memberikan cara mencari satelit telkom 3s.

1.PROGRAM RECEIVER

hal pertama sebelum menggeser antena parabola program receiver terlebih dahulu. Caranya:

- pada receiver masuk ke menu pengaturan antena. Perhatikan! " jika palapa berada pada dseg 1 ,digeser ke dseg2, begitu juga dengan satelit telkom 1 jika pada posisi dseg 2 geser ke dseg 1." jika perlu , rubah nama satelit telkom1 menjadi TELKOM 3S.

- setelah melakukan pengaturan program pada pengaturan antena,  langkah selanjutnya adalah memasukan transponder terbaru trans TV dengan cara mengedit transponder lama untuk memonitor sinyal, saat melakukan tracking antena parabola.
Jika anda belum paham cara mengedit transponder , masuk ke chanel trans TV, kemudian pada remot pencat tobol edit. Kemudian masukkan transponder trans TV  : symbol rate:
polaritas: H

- untuk memonitor sinyal, tekan tombol info pada remot , disitu akan terlihat kualitas sinyal dan intensitas.

2. Menggeser antena parabola

Pada tahap tracking, lebih mudahnya jika anda dapat melihat monitor secara langsung. Hal ini akan memudahkan anda untuk menentukan kualitas sinyal jika melihat intensitas dan kualitas sinyal.
Saatnya Mencari satelit telkom 3s dengan cara

A.Mengendorkan baut yang menyagga dish arah Timur dan barat .

B. Geser ke arah Timur dan barat sampai mendapatkan sinyal chanel trans TV.

C. Setelah ketemu, periksa sinyal satelit palapa. Dengan cara memindah chanel ke MNC TV dan sctv. Jika sudah ada sinyal berarti tracking sudah selesai.
Namun apabila satelit palapa belum mendapatkan sinyal ,geser dulu dish sampai mendapatkan sinyal. Kemudian kembali ke satelit telkom 3s.

Disini kadang terjadi saling tarik menarik sinyal antar kedua satelit. Jika jarak penggeseran arah Timur dan barat terlalu jauh coba kendorkan bwut penyangga dish arah Utara dan Selatan.
Tarik menarik sinyal dipicu oleh titik fokus dari kudua LNB terlalu renggang atau terlalu rapat. Sehingga sinyal terpantul dari dish jatuh pada titik yang salah.
Jika pencarian kedua satelit masih tarik menarik di segala arah kemungkinan:

- Ketinggian lnb
Ketinggian lnb kadang juga mempengaruhi tarik menarik sinyal. Namun jika jarak pgeser Timur dan barat tidak terlalu jauh..

- Setting dseg pada receiver dan parabola berbeda. Misalnya pada receiver sudah di setting dseg 1ditempati oleh telkom dan dseg2,ditempati palapa. Ternyata di parabola di seting sebaliknya. Tentu hal ini kadang sangat membingungkan.  Oleh sebab itu jka menemui terjadi sinyal tarik. Menarik antar kedua satelit maka perlu dicek dseg pada parabola terlebih dahulu. Dengan catatan apabila penggeseran arah Timur dan barat terlalu jauh.

Pada tahap pencarian sinyal anda harus pandai membagi sinyal antara kedua satelit. Untuk itu, anda harus berpindah-pindah ke chanel trans TV ,mnc dan sctv/indosiar. Sampai stasiun TV tersebut mendapat sinyal secara merata.

Pada trans TV sebaiknya intansitas sinyal sebaiknya minimum 50% ,,agar sinyal chanel yang lain mendapatkan sinyal yang baik.
Sedangkan untuk chanel mnc media minimum 40% biasanya jika mnc media sinyal di atas 50% sctv dan indosiar mengikuti.

3. Scan ulang pada receiver

Setelah anda mendapatkan sinyal transtv, sctv, mnc,  langkah terakhir adalah scan ulang pada kedua satelit. Agar mendapatkan transponder transponder satelit telkom 3s.
Jika tracking anda berhasil,, maka ketika di scan ulang akan mendapatkan semua chanel di kedua satelit palapa dan telkom3s.

Cara #2 mencari satelit telkom 3s

Mengenai cara ke dua ini sebenarnya sama, namun program receiver berbeda.
Yang membedakan ialah membalik lnb dan tidak menukar dseg pada program receiver.
Cukup hanya memutar tiang fokus 180° sehingga akan memutar yang semula telkom berada di posisi timur setelah diputar 180° akan berada di posisi barat.

Cara kedua ini sebagai alternative jika cara kesatu tidak bisa.
Demikian ulasan mengenai panduan cara mencari satelit telkom3s. Semoga dapat membantu anda yang saat ini sedang mencari cara memogram trans TV.