Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merakit 4 LNB untuk Menangkap PALAPA D, TELKOM 4, ASIASAT 7 DAN ASIASAT 5

Beberapa  hari ini memang sedang mendapatkan banyak orderan untuk tracking satelit TELKOM 4, karena sejak kemarin banyak yang meginginkan tayangan chanel TRANS TV yang akan menyaksikan drama korea hehehe. Alasan ingin menonton TRANS TV itulah mereka hendak menggunakan jasa saya TUSERPARABOLA.

Kali ini saya akan menulis hasil dari seputar mencari satelit TELKOM 4 menggunakan 4 LNB. Umumnya user memiliki parabola dengan penerimaan satelit 4 LNB untuk menangkap PALAPA D, TELKOM 3s, ASIASAT 7 DAN ASIASAT 5. Sedangkan sekarang menggunakan TELKOM 4 untuk mendapatkan chanel TRANS TV. Lantas apakah sama memasang LNB seperti menggunakan TELKOM 3S? Jelas ini berbeda!

Seperti yang pernah saya katakan di atikel yang lain bahwa posisi TELKOM 4 saat ini sudah menempati 108.2e sebagai titik orbitnya. Berarti ini sama dengan posisi  TELKOM 1, sehingga pemasangan LNB lnb pun kembali seperti dahulu kala ketika menggunakan TELKOM 1. yaitu TELKOM 4 saat ini berhimpit dengan asiasat 7 kembali. Oleh karea itu, kita harus membuat dudukan lnb dengan cara memotong horn/dudukan lnb agar TELKOM 4 dan asiasat 7 LNBnya berhimpit.

Berikut ini saya berhasil mengabadikan foto dudukan lnb kemarin saat membuat sehingga bisa saya sher di sini.
Cara membuatnya sangat mudah jika anda ingin merakit 4 lnb. Anda hanya menggunakan gerinda dan bor sebagai alat memotong dan menyabung kedua horn lnb yang sejatinya hanya bisa digunakan untuk 2 lnb. Kali ini kita harus memotong keduanya agar 4 lnb bisa dijadikan satu. Jika membeli jadi, sudah ada sebenarnya. Namun biasanya para teknisi parabola langsung menggunakan horn bawaan lnb sehingga harus memodifnya seperti demikian.

Merakit 4 LNB untuk Menangkap PALAPA D, TELKOM 4, ASIASAT 7 DAN ASIASAT 5

Kunci keberhasilan dari merakit 4 lnb adalah kerapihan dalam merakit. Karena pada tahap inilah hasil ditentukan yaitu sinyal cepat ketemu atau lama. misalkan ada lnb miring, tidak segaris lurus ini juga mempengaruhi. pastikan juga pada titik 0 menghadap arah timur dan barat  segaris lurus pada ke empat lnb. Maka dari itu perlu perhatian khusus pada tahap merakit lnb.


Jarak antar LNB yaitu :

Palapa D Telkom 4       = 3,5
Telkom 4 Asiasat 7    = 0,5 cm-1cm,
Asiasat 7 dan Asiasat5=3,5 CM
baca juga panduan cara tracking palapa dan telkom 4
Diukur dari body lnb. dan ini merupaka ukuran yang saya dapatkan ketika menggunakna dish 7- 8 fit. sehingga mungkin akan berbeda ketika mengugkana 6 fit atau 10 fit. semkait kecil dish semakin sempit pula jaraknya.

Untuk diag fokus saya mencoba diletakan pada posisi persis tiang di tengah antara telkom 4 dan asiasat 7 sinyal lumayan bagus.

Tidak ada cara tercepat dlaam memasang 4 lnb, karena ketelitian sangat di butuhkan. karena sinyal sangat sensitif sekali menggunakan 4 lnb kita harus pandai membagi sinyal, berbeda dengan menggunalan 2 lnb saja. dan kesabaran sangat dibutuhkan.

Jika kita hanya ingin tracking saja tanpa merubah dudukan lnb, bisa saja namun yang akan diterima lnb berbeda. yang tertangkap hanya asiasat 5 pda posisi lnb paling timur sedangkan pada posisi lnb tengah tidak menangkap atelit asiasat 7. ini berlaku jika dulu menggunakan sistem penerimaan 4 lnb telkom 3 s pada tahun 2018 lalu.

Cukup sekian dulu mudah mudahan bermanfaat. dan selamat mencoba semog berhasil.