Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMPERBAIKI RECEIVER DVB MATI TOTAL


Kali ini saya akan shere bagaimana cara meperbaiki receivermati total. Namun sebelum saya menjelaskan lebih detail lagi masalah penyakit receiver mati total yaitu mengenai gejala yang Nampak. Yang Namanya mati total berarti tidak ada reaksi apapun, termasuk lampu indikator tidak menyala. Bahkan terkadang menyebabkan mcb pln jegleg. Dantentu hal ini perlu untuk dipahami agar tidak membahayakan perangkat mpg board.

Yang saya tekankan di atas merupakan suatu pemahaman untuk langkah perbaikan tahap awal yaitu memahami gejala kerusakan. Karena mati total dengan mati standby tentu sangat berbeda secara penanganan.

Memperbaiki receiver mati total di sini mempunyai dua jalan, yaitu jalan cepat dan jalan lambat. Jalana cepat kita bisa langsung mengganti satu blok regulator psu, jalan lambat kita dapat memperbaiki regulator psu.

Jalan cepat biasanya dipilih, namun keuntungan memang sedikit dibading kita memperbaiki regulator.

Receiver mati total permasalahan tidak jauh dari blog power suplay. Sehingga penanganan pertama ditekankan pada blog regulator. Karena disinilah seluruh suplay kerja receiver. Penyebabnya pun 75% dari blog power suplay.

Langkah penanganan

Kenali gejala, coba nyalakan receiver, Apakah ada reaksi pada regulator, ukur pada elko 400v untuk memastikan arus sudah masuk, pastikan tegangan diantara 200 keatas.
receiver mati total
Kemudian matikan receiver, cek kembali pada elco 400v, Apakah masih menyimpan muatan, jika masih menyimpan berarti blog regulator ada yang putus seperti resistor dan transistor fet mati. Sebelum memastikan ic fet mati hendaknya cek komponen berupa resistor berukuran 1watt pada seluruh blog primer regulator. Baru memastikan bahwa fet benar mati. Terkadang fet yang digunakan pada power suplai receiver sulit didapat dipasaran. jika sudah demikian maka jalan akhirnya mengganti satu blog power suplay seharga 30000.

Tips mengganti psu reciver baru

Produk yang ada di pasaran saat ini kebanyakan merupakan kit power suplay jenis multi alias bisa digunakan di berbagai macam model receiver dvb. Sehingga jika pemasangan keliru dapat merusak blok mpg board. Oleh sebab itu Perlu pemahaman mengenai hal ini.

  baca juga ; cara memperbaiki receiver mati standby lampu berkedip

Teknik yang saya gunakan adalah melihat tulisan volt pada blog regulator asli sebelum memindahkan kabel pada power suplay baru. Dengan melihat urutan kabel power suplay aslinya baru Kemudian menerapkan ke board power suplay baru sesuai urutan volt dari power suplay aslinya. Yang sering terjadi adalah tertukarnya antar kaki 33volt dan 3,3volt, sehingga sebelum menghubungkan ke mpg board lebih baik jika mengukur tegangan secara pasti baru Kemudian dihubugkan ke mpg board.

Nah itulah sekelas mengenai cara memperbaiki receiver mati total yang sering saya terapkan di keseharian saya. Semoga bermanfaat untuk rekan sekalian.