Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Receiver Venus Standby Lampu Berkedip


Cara Memperbaiki Receiver Venus Standby Lampu Berkedip - Kerusakan receiver dengan keluhan mati standby sering terjadi hampir semua jenis receiver. Gejala dan kerusakanya hampir sama. Kebanyakan terjadi kerusakan mati standby, dengan ciri-ciri, menyala lampu indikatornya saja tanpa bisa booting. Ada yang mati total dengan suara berderik berasal dari dalam mesin area power suplay. Atau menyala lampu indikator disertai berkedip cepat. Hal-hal seperti tersebut merupakan kerusakan yang rata-rata disebabkan oleh blog power suplay bermasalah antara primer dan sekunder.

Nah kali ini saya kebetulan mendapat kerusakan terjadi pada receiver venus mirage mp4. Dengan gejala mati standbay lampu indikator berkedip cepat. Berikut saya akan tuliskan langkah memperbaiki receiver standby.

Cara memperbaiki receiver venus mirage standby lampu berkedip-kedip

-Pertama kita ketahui bahwa receiver mati dalam keadaan standby tidak bisa start.

-Kedua membuka casing pada receiver venus jenis ini sedikit berbeda dengan jenis receiver merek lainya. Karena cara membukanya agak repot. Yaitu terdapat baut pengunci di berbagai sudut, jika tidak tahu maka biasanya akan dipaksa. ini akan sangat Berbahaya. Bisa mengakibatkan blog mpg akan mengalami patah karena blog mpg harus dilepas dengan baut pengunci pada bagian belakang casing.

-Lepaskan semua mur dan baut pada belakang body.

-Setelah dilepas semua, tarik casing pada bagian atas kearah belakang. Hati-hati, agar tidak merusak blog mpg.

-Nah setelah terbuka, lepaskan semua soket kabel yang menempel pada masing masing board agar casing bisa dipisahkan untuk mempermudah saat pengecekan proses perbaiki.

-Pertama ketika sudah terbuka semuanya jangan dulu test pada tegangan. Lihat secara fisik apakah ada elco atau resistor mencurigakan. Misalnya elco mengembung, resistor terbakar/berkarat pada bagian kaki.


-Pada receiver dengan gejala standby lampu indikator berkedip, terjadi kesenjangan tegangan pada bagian output regulator yang disebabkan oleh elko mengembung. Seperti receiver venus yang saya tangani ini.

-Ternyata elko sudah kering, pada bagian bawah sudah terbuka dan pada bagian atas body elko mengembang. Nah disini letak permasalahan. Elko ukuran 1000 uf 10v ini menjadi biang kerok penyebab receiver venus standbay lampu indiktor berkedip cepat.

-Demikian kasus ini terselesaikan tanpa halangan apapun. Running test tidak ada masalah yang berarti. receiver venus menjadi normal kembali.

baca juga; memperbaiki receiver dvb mati total

Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat bagi rekan sekalian. terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini. See u!!!!